Kuliah Malam di Bandung: Apa Untung Ruginya


10348640_521049334691217_4146270883707461539_nMengawali fase kuliah memang penuh adaptasi. Sebab, dunia kampus memang sangat berbeda dengan masa sekolah. Salah satu perbedaan mencolok adalah mengenai jam belajar.

Saat kuliah tidak lagi dibebankan masuk pukul 07.00, tetapi ada beberapa pilihan jam kuliah yakni kelas pagi, siang, dan sore atau malam. Pada dasarnya, semua kelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tetapi tidak jarang pihak kampuslah yang menetapkan jam kelas kuliah. Lalu, bagaimana kalau mendapat jadwal kuliah kelas malam?

Jangan khawatir, kuliah malam bisa memberikan waktu yang lebih fleksibel. Waktu di pagi hari hingga sore, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut rinciannya.

Kelebihan :
1. Seakan memiliki waktu belajar yang lebih banyak. Bahkan, waktu yang kosong dari pagi sampai sore bisa dimanfaatkan untuk magang, atau mencari pekerjaan yang bisa membantu orangtua dalam meringankan beban uang kuliah.

2. Bisa mengikuti kegiatan organisasi kampus yang bisa menunjang materi kuliah.

3. Kuliah malam biasanya melawan arus jam macet. Jadi tidak perlu bermacet-macet ria.

4. Kelas malam biasanya diikuti oleh mahasiswa yang menyambi bekerja. Hal ini bisa dijadikan kesempatan untuk berdiskusi lebih luas, khususnya mengenai dunia pekerjaan.

Kekurangan :
1. Waspada saat pulang kuliah. Carilah teman dengan rute yang sama. Sehingga satu sama lainnya bisa saling menjaga.

2. Memiliki perbedaan waktu bersama keluarga dan teman (selain teman di kelas).

3. Harus ekstra semangat belajar di kelas, karena pada saat kuliah malam kondisi fisik sudah lelah beraktivitas seharian.

Sumber: Okezone

2,355 total views, 1 views today