Universitas Jenderal Achmad Yani, (UNJANI) Bandung

Sejarah

Didorong oleh keinginan luhur, keluarga besar TNI AD senantiasa eksis dalam perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, dan dilandasi oleh kesadaran yang tinggi bahwa keberhasilan perjuangannya selama ini adalah berkat dukungan kerjasama dari rakyat Indonesia seluruhnya, warga TNI AD melalui Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) bertekad berperan aktif dalam melanjutkan pengabdiannya dalam semua aspek kehidupan sosial bangsa Indonesia yang bersendikan Pancasila.
Fokus sasaran peran aktif yang dimaksud adalah sektor pendidikan formal, melalui penyelenggaraan dan pengelolaan proses belajar mengajar, dengan mendirikan suatu perguruan tinggi yang diberi nama Universitas Jenderal Achmad Yani yang kemudian disingkat UNJANI.
UNJANI merupakan hasil pengembangan dari sekolah-sekolah tinggi yang dikelola oleh YKEP yaitu : Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STTA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIEA) dan Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ST MIPA).
Berdirinya UNJANI ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum YKEP nomor : 027/YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 yang selanjutnya dikukuhkan oleh MENDIKBUD dengan Surat Keputusan nomor : 0512/O/1990 tanggal 9 Agustus 1990. Dalam perkembangannya, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bandung (STTIB) yang juga dikelola oleh YKEP sejak tahun 1985, bergabung dengan UNJANI pada tahun 1992.
Sampai dengan bergabungnya STTIB ke dalam UNJANI tahun 1992, UNJANI memiliki 3 (tiga) Fakultas yaitu : (1) Fakultas Teknik dengan jurusan : T. Mesin, T. Elektro, T. Kimia dan D3 Keramik, T. Sipil, T. Metalurgi, T. Manajemen Industri ; (2) Fakultas Ekonomi dengan jurusan : Manajemen, Akuntansi ; dan (3) Fakultas MIPA dengan jurusan Kimia, Fisika.
Tahun 1992, UNJANI menambah fakultas di lingkungannya yaitu Fakultas ISIP dengan jurusan Ilmu Pemerintahan dan Fak. Kedokteran. Pengembangan selanjutnya dengan penambahan jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 1993, jurusan Farmasi dan Program MIP pada tahun 1999 dan Fakultas Psikologi pada tahun 2003. Sehingga jumlah keseluruhan Program Studi yang dikelola UNJANI adalah 20 (dua puluh) dari 14 (empat belas) jurusan/6 (enam) fakultas. Pada tahun mendatang tidak menutup kemungkinan UNJANI akan terus melakukan pengembangan dengan membuka Program Studi baru, sesuai kebutuhan masyarakat.
Sebagai sebuah Perguruan Tinggi, UNJANI menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berorientasi kepada arah kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh Mendiknas RI. Di sisi lain, dalam rangka pembinaan kelembagaan, UNJANI menganut kebijakan dan ketentuan yang ditetapkan oleh yayasan pendirinya.

Profil

Jl. Terusan Jenderal Sudirman PO. Box 148, Cimahi 40533 Telp. : (022) 6656 190 Fax  : (022) 6652 069
UNJANI KAMPUS BANDUNG Jl. Terusan Jenderal Gatot Subroto PO. Box 807, Bandung Telp. : (022) 7312 741 Fax  : (022) 7309 433

Humas Email : humas@unjani.ac.id, Telp : (022) 7081 96 97
Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Email : pmb@unjani.ac.id Telp : (022) 6656 190
Unjani merupakan hasil pengembangan dari sekolah-sekolah tinggi yang dikelola oleh YKEP, yaitu : Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STTA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIEA), dan Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (STMIPA).
Berdirinya UNJANI ditetapkan dengan Surat Ketua Umum YKEP, Nomor : 027/YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 yang selanjutnya dikukuhkan oleh MENDIKBUD dengan Surat Keputusan, Nomor :0512/0/1190 tanggal 9 Agustus 1990. Dalam Perkembangannya, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bandung (STTIB) yang juga dikelola oleh YKEP sejak tahun 1985, bergabung dengan UNJANI pada tahun 1992.

Fakultas

  1. Fakultas Teknik, dengan Jurusan :
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Kimia dan Kimia Keramik
  • Teknik Manajemen Industri
  • Teknik Metalurgi
  1. Fakultas Ekonomi, dengan jurusan :
  • Manajemen
  • Akuntansi
  1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dengan jurusan :
  • Kimia
  • Fisika

Tahun 1992, UNJANI menambah fakultas di lingkungannya yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Fakultas Kedokteran.Pengembangan selanjutnya dengan penambahan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada tahun 1993, Jurusan Farmasi dan Program MIP pada tahun 1999 serta Fakultas Psikologi dan Ilmu Komputer pada tahun 2003. pada Tahun Ajaran 2011 Unjani Kembali Membuka Program Studi baru Yaitu Program Studi Biologi, Kedokteran Gigi, dan Pasca Sarjana Elektro.

Fasilitas

Universitas Jenderal Achmad Yani adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Cimahi dan Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kampus UNJANI memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya lokasi kampus berada dalam lingkungan yang sejuk, asri, dan nyaman, sehingga memberikan suasana belajar yang kondusif baik pada mahasiswa maupun dosen. Area kampus yang luas (25 Hektar) mempermudah dalam membangun sarana dan prasarana pendukung kegiatan pendidikan selanjutnya. Adapun sarana maupun prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar yang telah dimiliki oleh UNJANI antara lain adalah :

  • Gedung Rektorat dan Dekanat
  • Gedung Perpustakaan Pusat dan Jurusan
  • Gedung Student Centre (Gedung Sasana Krida)
  • Gedung Laboratorium di semua Program Studi/Jurusan
  • RS. Pendidikan Dokter (RS. Dustira & RS. Jejaring lainnya)
  • Gedung Serba Guna di kampus Cimahi & Bandung
  • Sarana Ibadah di Kampus Cimahi & Bandung
  • Sarana Olah Raga di Kampus Cimahi & Bandung
  • Poliklinik, Kantin, Wartel, Internet & Bank
  • Bank BNI, Bank Artha Graha
  • Guest House dan Asrama Putra & Putri
  • Radio FM Mahasiswa
  • Internet Hotspot, Fasilitas e-learning, e-library, dll

12 Responses to Universitas Jenderal Achmad Yani, (UNJANI) Bandung

  1. Widia Octaviani says:

    Fakultas apa saja yang ada di Jl. Terusan Gatot Subroto Bandung ? Terimakasih

  2. renty says:

    kalau jurusan teknik informatika ada yg kelas karyawan gak??

  3. admin says:

    Ada, Teknik Informatika ada kelas karyawannya, silahkan mendaftar

    Silahkan mendaftar, Jadwal Pendaftaran adalah:

    - Gelombang I : 10 Juni 2013 – 21 Juli 2013
    - Gelombang II: 22 Juli 2013 – 24 Agustus 2013

    Catatan: Pendaftaran ditutup jika kelas sudah penuh

    Tempat Pendaftaran:
    Sekretariat Program Kelas Karyawan Universitas Widyatama
    Jl. Cikutra no 204 A Bandung 40124

    Mulai Kuliah: 7 September 2013

    Untuk memudahkan anda, silahkan melakukan Pendaftaran Online di http://kk.widyatama.ac.id/?page_id=134

    Jika ingin dikirimkan Brosur Versi Cetak, silahkan kirimkan Nama, Alamat Lengkap dan No. HP ke email kk@widyatama.ac.id atau SMSkan ke 081 2222 02946

    Layanan Informasi 24 jam : 022 6132 7828, 081 2222 02946

    Silahkan mendownload Brosur Versi PDF di: http://kk.widyatama.ac.id/brosurpkkwidyatama.pdf

    Informasi lengkapnya dpt dilihat di: http://kk.widyatama.ac.id

  4. admin says:

    Program Studi yang diselenggarakan adalah:

    1. Fakultas Bisnis & Manajemen
    a. Manajemen S1 (Akreditasi A )

    2. Fakultas Ekonomi
    a. Akuntansi S1 (Akreditasi B )
    b. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)

    3. Fakultas Teknik
    - Teknik Industri S1 (Akreditasi B )
    - Teknik Informatika S1 (Akreditasi B )
    - Sistem Informasi S1 (Akreditasi C )

    4. Fakultas Desain Komunikasi Visual
    - Studi Desain Grafis D4 (Akreditasi B )

    5. Fakultas Bahasa
    - Bahasa Inggris S1 (Akreditasi B )

    Jadwal kuliah bisa dipilih:

    - Kelas Sore:
    Senin-Jumat Jam 18.30-21.30 WIB.

    - Kelas Sabtu Minggu:
    Sabtu Jam 14.00-18.00 WIB dan Minggu jam 09.00-17.30 WIB

    Masing-masing diiringi dengan istirahat untuk sholat, makan, melepas kejenuhan

    Silahkan mendaftar, Jadwal Pendaftaran adalah:

    - Gelombang I : 10 Juni 2013 – 21 Juli 2013
    - Gelombang II: 22 Juli 2013 – 24 Agustus 2013

    Catatan: Pendaftaran ditutup jika kelas sudah penuh

    Tempat Pendaftaran:
    Sekretariat Program Kelas Karyawan Universitas Widyatama
    Jl. Cikutra no 204 A Bandung 40124

    Mulai Kuliah: 7 September 2013

    Untuk memudahkan anda, silahkan melakukan Pendaftaran Online di http://kk.widyatama.ac.id/?page_id=134

    Jika ingin dikirimkan Brosur Versi Cetak, silahkan kirimkan Nama, Alamat Lengkap dan No. HP ke email kk@widyatama.ac.id atau SMSkan ke 081 2222 02946

    Layanan Informasi 24 jam : 022 6132 7828

    Silahkan mendownload Brosur Versi PDF di: http://kk.widyatama.ac.id/brosurpkkwidyatama.pdf

    Informasi lengkapnya dpt dilihat di: http://kk.widyatama.ac.id

  5. ekstansi says:

    teknik mesin ada ekstansi gak?? hari sabtu minggu??
    lokasi gatu / cimahi ??

    mohon balas via email ya’

    makasih min

  6. jatmiko says:

    untuk kelas karyawan fakultas kedokteran gigi unjani masih ada pendaftaranya tidak?kapan paling lambat nya?kemana daftar nya? berapa biaya nya? ada no contack personal yang bisa di hubungi?
    trimakasih

  7. hafik says:

    kalau kerjanya shift jadwal kuliahnya bisa nyesuain ga?

  8. admin says:

    Jadwal kuliah bisa dipilih:

    - Kelas Sore:
    Senin-Jumat Jam 18.30-21.30 WIB.

    - Kelas Sabtu Minggu:
    Sabtu Jam 14.00-18.00 WIB dan Minggu jam 09.00-17.30 WIB

    Masing-masing diiringi dengan istirahat untuk sholat, makan, melepas kejenuhan

  9. beni says:

    untuk jurusan teknik sipil apakah ada kelas karyawannya?
    kalau bisa tolong di balas via email
    Thanks,

    Beni

  10. nurdin permana says:

    ♏αΰ nanya ada pendaftaran gel 3?
    Rencana ♏αΰ teknik manajemen industri
    Tp kl bs ♏αΰ nyusul jadi bareng Sªª♏@ gel 2 kuliahnya,Ÿ̲̣̣̣̥ǻǎ̜̣̍ǻ⌣◦° beda bbrapa pertemuan

  11. admin says:

    PROGRAM SARJANA (S1):
    Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Bahasa Inggris, Studi Desain Grafis (D4)

    SYARAT MAHASISWA:
    - Lulusan SMA/K sederajat
    - Lulusan D3 Sederajat untuk Alih Program D3 ke S1

    BIAYA STUDI:
    Untuk biaya studi S1, pada prinsipnya Universitas Widyatama akan berusaha membantu calon mahasiswa dalam membayar biaya pendidikannya fasilitas cicilan sesuai dengan kemampuan masing-masing calon mahasiswa.

    Biaya awal Rp. 1.500.000,- , Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 990.000 per bulan, sudah termasuk semuanya (Cicilan Uang Pangkal, Uang Kuliah Semester, Uang SKS, Praktikum, Uang Ujian dan lain-lain).

    PILIHAN JADWAL KULIAH:
    Jadwal Kuliah Bisa Dipilih:
    - Kelas Sore: Senin-Jumat Jam 18.00-22.00 WIB.
    - Kelas Sabtu Saja: Jam 09.00-17.30 WIB
    - Kelas Minggu Saja: Jam 09.00-17.30 WIB

    Masing-masing diiringi dengan istirahat untuk sholat, makan, melepas kejenuhan

    JADWAL PENDAFTARAN:
    Jadwal Pendaftaran Angkatan ke 2 adalah:

    - Gelombang I : 12 Oktober 2013 – 1 Desember 2013
    - Gelombang II : 2 Desember 2013 – 12 Januari 2014
    - Gelombang III: 13 Januari 2014 – 16 Februari 2014

    Catatan: Pendaftaran ditutup jika kelas sudah penuh

    KULIAH PERDANA: Mulai Kuliah: 15 Maret 2014

    TEMPAT PENDAFTARAN: Sekretariat Program Kelas Karyawan Universitas Widyatama, Jl. Cikutra no 204 A Bandung 40124

    PERSYARATAN PENDAFTARAN:

    * Persyaratan Pendaftaran Untuk Lulusan SMU/SMK sederajat
    - Uang Pendaftaran Rp. 200.000
    - 2 Lembar Legalisir ijazah SMU/SMK/sederajat
    - 2 Lembar Legalisir Transkrip nilai/SKHUN
    - 1 Materai 6000 satu lembar
    - 1 Foto copy KTP satu lembar
    - 1 Pasfoto berwarna ukuran 3×4 satu lembar

    * Persyaratan pendaftaran untuk Lulusan D3 adalah:
    - Uang Pendaftaran Rp. 250.000
    - 2 Lembar Legalisir ijazah D3
    - 2 Lembar Legalisir Transkrip D3
    - 1 Materai 6000 satu lembar
    - 1 Foto copy KTP satu lembar
    - 1 Pasfoto berwarna ukuran 3×4 satu lembar

    Catatan:
    Jika Ijazah dan Transkrip nilai belum dilegalisir, silahkan membawa Aslinya untuk diperlihatkan ke Petugas Pendaftaran

    PENDAFTARAN ONLINE: Untuk memudahkan anda, silahkan melakukan Pendaftaran Online di http://kk.widyatama.ac.id/?page_id=134

    PERMINTAAN BROSUR: Jika ingin dikirimkan Brosur Versi Cetak, silahkan kirimkan Nama, Alamat Lengkap dan No. HP ke email kk@widyatama.ac.id atau SMSkan ke 081 2222 02946

    INFO 24 JAM: Layanan Informasi 24 jam : 022 6132 7828, 0812 2220 2946

    Silahkan mendownload Brosur Versi PDF di: http://kk.widyatama.ac.id/brosurpkkwidyatama.pdf

    Informasi lengkapnya dpt dilihat di: http://kk.widyatama.ac.id

    Jika anda ingin bertanya melalui chatting di Facebook, silahkan add https://www.facebook.com/kelaskaryawan.widyatama

    ———————————————–
    PROGRAM KELAS KARYAWAN – UNIVERSITAS WIDYATAMA
    PROGRAM SARJANA (S1) DAN PASCASARJANA (S2)
    Jl. Cikutra no 204 A Bandung 40124
    Telepon : 022-7219517 Fax : 022-720299
    Info 24 Jam: 022-61327828, 0812 2220 2946
    http://kk.widyatama.ac.id Email: kk@widyatama.ac.id
    FB: https://www.facebook.com/pkkutama
    PIN BB: 21BFED57 Twitter: @pkkutama

  12. admin says:

    PROGRAM SARJANA (S1):
    Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Bahasa Inggris, Studi Desain Grafis (D4)

    SYARAT MAHASISWA:
    - Lulusan SMA/K sederajat
    - Lulusan D3 Sederajat untuk Alih Program D3 ke S1

    BIAYA STUDI:
    Untuk biaya studi S1, pada prinsipnya Universitas Widyatama akan berusaha membantu calon mahasiswa dalam membayar biaya pendidikannya fasilitas cicilan sesuai dengan kemampuan masing-masing calon mahasiswa.

    Biaya awal Rp. 1.500.000,- , Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 990.000 per bulan, sudah termasuk semuanya (Cicilan Uang Pangkal, Uang Kuliah Semester, Uang SKS, Praktikum, Uang Ujian dan lain-lain).

    PILIHAN JADWAL KULIAH:
    Jadwal Kuliah Bisa Dipilih:
    - Kelas Sore: Senin-Jumat Jam 18.00-22.00 WIB.
    - Kelas Sabtu Saja: Jam 09.00-17.30 WIB
    - Kelas Minggu Saja: Jam 09.00-17.30 WIB

    Masing-masing diiringi dengan istirahat untuk sholat, makan, melepas kejenuhan

    JADWAL PENDAFTARAN:
    Jadwal Pendaftaran Angkatan ke 2 adalah:

    - Gelombang I : 12 Oktober 2013 – 1 Desember 2013
    - Gelombang II : 2 Desember 2013 – 12 Januari 2014
    - Gelombang III: 13 Januari 2014 – 16 Februari 2014

    Catatan: Pendaftaran ditutup jika kelas sudah penuh

    KULIAH PERDANA: Mulai Kuliah: 15 Maret 2014

    TEMPAT PENDAFTARAN: Sekretariat Program Kelas Karyawan Universitas Widyatama, Jl. Cikutra no 204 A Bandung 40124

    PERSYARATAN PENDAFTARAN:

    * Persyaratan Pendaftaran Untuk Lulusan SMU/SMK sederajat
    - Uang Pendaftaran Rp. 200.000
    - 2 Lembar Legalisir ijazah SMU/SMK/sederajat
    - 2 Lembar Legalisir Transkrip nilai/SKHUN
    - 1 Materai 6000 satu lembar
    - 1 Foto copy KTP satu lembar
    - 1 Pasfoto berwarna ukuran 3×4 satu lembar

    * Persyaratan pendaftaran untuk Lulusan D3 adalah:
    - Uang Pendaftaran Rp. 250.000
    - 2 Lembar Legalisir ijazah D3
    - 2 Lembar Legalisir Transkrip D3
    - 1 Materai 6000 satu lembar
    - 1 Foto copy KTP satu lembar
    - 1 Pasfoto berwarna ukuran 3×4 satu lembar

    Catatan:
    Jika Ijazah dan Transkrip nilai belum dilegalisir, silahkan membawa Aslinya untuk diperlihatkan ke Petugas Pendaftaran

    PENDAFTARAN ONLINE: Untuk memudahkan anda, silahkan melakukan Pendaftaran Online di http://kk.widyatama.ac.id/?page_id=134

    PERMINTAAN BROSUR: Jika ingin dikirimkan Brosur Versi Cetak, silahkan kirimkan Nama, Alamat Lengkap dan No. HP ke email kk@widyatama.ac.id atau SMSkan ke 081 2222 02946

    INFO 24 JAM: Layanan Informasi 24 jam : 022 6132 7828, 0812 2220 2946

    Silahkan mendownload Brosur Versi PDF di: http://kk.widyatama.ac.id/brosurpkkwidyatama.pdf

    Informasi lengkapnya dpt dilihat di: http://kk.widyatama.ac.id

    Jika anda ingin bertanya melalui chatting di Facebook, silahkan add https://www.facebook.com/kelaskaryawan.widyatama

    ———————————————–
    PROGRAM KELAS KARYAWAN – UNIVERSITAS WIDYATAMA
    PROGRAM SARJANA (S1) DAN PASCASARJANA (S2)
    Jl. Cikutra no 204 A Bandung 40124
    Telepon : 022-7219517 Fax : 022-720299
    Info 24 Jam: 022-61327828, 0812 2220 2946
    http://kk.widyatama.ac.id Email: kk@widyatama.ac.id
    FB: https://www.facebook.com/pkkutama
    PIN BB: 21BFED57 Twitter: @pkkutama

Silahkan Bertanya

Email anda tidak akan dipublikasi. Harus diisi yang bertanda *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>